Category Archives: Aktivitas Ceria

Muhammadiyah Merekat Kebersamaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Jauh sebelum Indonesia merdeka, pada 17 Juni 1920 dalam rapat tahunan anggota yang dihadiri lebih 200 anggota dan simpatisan, Muhammadiyah mendirikan bagian (majelis) PKO, Penolong Kesengsaraan Oemoem (umum) yang diketuai Kiai Syuja’.

Yang menarik dari pendirian PKO ini adalah pilihan nama “Penolong Kesengsaraan Oemoem” yang mengindikasikan sangat jelas keinginan untuk merajut kebersamaan lintas suku agama ras dan golongan. Muhammadiyah memilih diksi Oemoem bukan umat apalagi warga atau anggota Muhammadiyah, tentu berdasarkan visi dan niatan untuk berbuat baik kepada sesama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Visi dan niatan tersebut tergambar jelas jika dicermati dari isi pidato KH Ahmad Dahlan tentang PKO, ‘bahwa hajat PKO itu menolong dengan berbasis Islam tanpa membedakan suku, bangsa, dan agama’. Penggalan pidato KH Ahmad Dahlan tersebut menunjukkan semangat dan spirit untuk melakukan kebaikan kepada siapapun, yang perlu dicatat gagasan tersebut dicetuskan jauh sebelum Republik ini lahir, belum ada jargon kebhinekaan, NKRI harga mati, dan lain sebagainya, Muhammadiyah sejak generasi awal telah menjalankan spirit bekerja dengan asas Islam dan kebermanfaatan untuk sesama.

Qurban Rame-rame

BISMILLAHIRROHMAANIRROOHIIM
DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI RAYA IEDUL ADHA , SD Muhammadiyah 2 Gresik MENGADAKAN QURBAN SAPI SECARA PATUNGAN
1 EKOR SAPI UTK 7 ORANG @ Rp 3.000.000,- ( tiga juta rupiah )
Pendaftaran dibuka mulai hari
Selasa : 25 Juli 2017

Kegiatan Awal Tahun Pelajaran

Kegiatan hari pertama masuk sekolah :

1. Reward siswa berprestasi
2. Bergembira ria bersama
3. Halal bi halal
4. Ice cream party

5 Tips Membuat Kelas Menyenangkan

Pembelajaran

Belajar di kelas. Aktivitas yang satu ini menjadi menu harian untuk bapak ibu guru dan para murid di sekolah. Sebagai guru, yang merupakan fasilitator utama, guru sangat berperan untuk membuat menu harian ini dalam sajian yang segar, menarik, tidak membosankan dan tentunya bergizi.

Penyajian yang selalu baru menjadi salah satu faktor untuk menentukan hasil dari proses belajar mengajar. Nah, apa tips dan trik dari bapak ibu guru yang biasa bapak ibu guru lakukan untuk membuat menu harian ini segar dan bergizi? Intip yuks beberapa cara membuat kelas menyenangkan berikut ini!