Sekolah Kita Sekolah Menyenangkan

Jempol

Pembelajaran di sekolah akan efektif jika seluruh siswa dalam proses belajarnya merasa senang, Tentu saja ini didapatkan oleh siswa jika sekolah dapat menyajikan pembelajaran yang menyenangkan.

Sekolah menyenangkan bukan berarti semua fasilitas yang mewah di sekolah. Namun, kreativitas dalam pembelajaran-lah yang akan menjadikan sekolah sebagai tempat yang nyaman bagi siswa untuk belajar. Pada akhirnya, peningkatan efektivitas (hasil guna) dari seluruh rangkaian proses pembelajaran di sekolah akan dapat diraih.

Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan tantangan bagi siswa. Dengan kata lain, sekolah yang menyenangkan dapat diartikan sebagai wahana yang aman dan menyehatkan, serta memberikan pilihan tantangan yang bermakna bagi siswa. Insya Allah, SD Muda Ceria telah melakukan hal itu.

Terkait dengan apa dan bagaimana ciri-ciri dari sekolah yang menyenangkan itu? Apakah sekolah kita, SD Muda Ceria, memiliki ciri-ciri sekolah menyenangkan. Berikut beberapa standar atau kriteria dari sekolah yang menyenangkan.

STANDAR SEKOLAH MENYENANGKAN  :

  • Siswa menikmati belajar di sekolah
  • Guru menikmati mendidik di sekolah
  • Siswa tertantang dengan kegiatan-kegiatan di sekolah
  • Siswa mengembangkan kompetensi, tidak hanya mendapat nilai tinggi semata
  • Siswa mempelajari ketrampilan dan tidak hanya fakta-fakta ketrampilan
  • Nilai-nilai moral menjadi fokus dan diteladankan oleh setiap anggota komunitas sekolah
  • Cukup atmosfer inklusif dimana semua siswa dihargai berdasar jati diri mereka dan apa yang mereka bisa
  • Isu-isu penting bullying dan sebagai aspek sosial dan emosional lain dalam kehidupan sekolah didiskusikan secara terbuka dan positif
  • Kemampuan untuk berfikir sendiri didorong dan dikembangkan bagi seluruh siswa
  • Sekolah memiliki unsur kesenangan dan keriangan;
  • Aspek-aspek seperti ingin tahu, kekaguman, keberanian, kegigihan dan ketahanan didorong dan disambut secara aktif;
  • Guru terbuka terhadap ide-ide baru dan tertarik melakukan berbagai kegiatan bersama;
  • Sekolah mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia pendidikan dan pembelajaran;
  • Sekolah mengikuti perkembangan terbaru dalam dunia teknologi pendidikan;
  • Harapan yang tinggi juga di sematkan kepada para guru dan pengelola sekolah, seperti juga disematkan kepada para siswa;
  • Kepala Sekolah “terlihat” dan mudah diajak berinteraksi;
  • Siswa disadarkan bahwa mengeluarkan yang terbaik dari diri sendiri tidak harus berarti menjadi lebih baik dari orang lain;
  • Sekolah terbuka hal-hal diluar dugaan (yang positif);
  • Siswa diajak berfikir tentang, berinteraksi dengan, dan berusaha berkontribusi pada kehidupan di luar dinding sekolah;
  • Sekolah sadar bahwa pembelajaran adalah sesuatu yang bisa dilakukan siswa kapanpun, dimanapun dan hanya sebagian yang perlu dilakukan di dinding sekolah;
  • Komunitas sekolah terbentang sampai keluar dinding sekolah (melibatkan masyarakat);
  • Proses belajar mengajar di dalam sekolah memasukkan berbagai fariasi kemungkinan dan kesempatan pembelajaran;
  • Siswa diberi kesempatan untuk bertanggung jawab terhadab sesuatu dan untuk mengambil keputusan yang berdampak penting;
  • Hasil pembelajaran yang didapatkan cukup sebagai bekal siswa untuk melangkah kefase hidup berikutnya;
  • Resepsionis, guru, petugas kebersihan, dan seluruh staf sekolah tersenyum terhadap orang tua dan pengunjung sekolah.

KEGIATAN UNTUK MENCAPAI SEKOLAH MENYENANGKAN

  • Memetakan kebutuhan siswa dan warga sekolah lainnya;
  • Memetakan jenis kecerdasan siswa, sehingga mempermudah guru dalam memahami perkem­bangan siswa;
  • Merancang lingkungan sekolah yang indah, hijau, bersih sebagai ruang publik siswa;
  • Merancang metode dan kurikulum pembelajaran yang tidak membosankan, variatif, dialogis; dan inspiratif, dilengkapi game, gambar, video, dan media pembejaran lainnya;
  • Merancang program kerja kegiatan ekstrakulikuler yang didasarkan pada kebutuhan siswa;
  • Merancang kerjasama yang baik dan menguntungkan dengan masyarakat ataupun lembaga-lembaga luar sekolah yang didasarkan pada kebutuhan sekolah dan perbaikan mutu sekolah;
  • Merancang bentuk-bentuk pelatihan guru dan tenaga kependidikan yang terfokus pada upaya membentuk sekolah yang menyenangkan;
  • Merancang desain ruang kelas yang variatif, tidak membosankan, dan disukai siswa dan warga sekolah;
  • Mengajak partisipasi masyarakat sekitar sekolah untuk bersama-sama mengoptimalkan peran sekolah sebagai tempat menyenangkan dalam mendidik anak;
  • Mengoptimalkan kegiatan sekolah sehat;
  • Mengoptimalkan kegiatan sekolah aman;
  • Mengoptimalkan kegiatan sekolah ramah anak;

(bee/sumber: www.sekolahmenyenangkan.org)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *