Sabet Juara 3 Teater Tradisi Jatim

Man Jadda Wajada. Usaha keras yang membuahkan hasil.

Usai penari Remo dan Pencak Macan beraksi, kemudian disusul dengan kidungan Jula-Juli, siswa-siswi SD Muhammadiyah 2 Gresik menampilkan ludruk dengan lakon Jaka Berek. Ceritanya, Jaka Berek yang sedang asyik bercengkerama dengan teman-temannya ditanya keberadaan Bapak dari Jaka Berek yang belum diketahui. Atas titah Ibunya, Dewi Sangkrah, Jaka Berek pun mengikuti sayembara ayam jago di kadipaten. Di sanalah Jaka Berek bertemu Adipati Jayengrana yang ternyata adalah bapak kandungnya.

Pertemuan Jaka Berek dengan Adipati Jayengrana itulah klimaks dari cerita ludruk yang ditampilkan oleh siswa-siswi SD Muda Ceria. Dengan apik siswa-siswi SD Muda Ceria menyuguhkan lawakan khas ludrukan, dipadu dengan keharusan anak bertemu bapaknya. Termasuk, menunjukkan kekhasan budaya Gresik dalam dialog, dialek, dan kesenian Pencak Macannya.

Kesemuanya itu mampu mengantarkan duta Kabupaten Gresik ini sukses menjuarai lomba teater tradisi tingkat SD dalam Pekan Seni Pelajar (PSP) Jawa Timur di Kediri, 26-29 April 2017. Sekolah kita pun sukses menjadi juara ke-3 ajang tersebut.

”Sebuah prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Gresik dan pelajar Muhammadiyah Gresik. Kami sangat bersyukur bisa masuk tiga besar PSP Jatim. Karena peserta dari kota/kabupaten lain juga tampil dengan bagus pula,” ujar Abizar Purnama, sutradara yang juga alumnus SD Muda Ceria.

Senada itu, Pembina utama teater SD Muda Ceria, Sri Wahyuni mengungkapkan, yang terpenting dari ini semua adalah anak-anak bisa menikmati proses latihan sampai dengan pertunjukan selesai. Syukurnya, mereka melakukannya dengan ceria dan penuh semangat.

Ia menambahkan, selama enam hari dalam sepekan, dan dalam dua bulan lebih mereka telah berlatih keras. Semua itu tentunya melelahkan. Namun, kami selalu menekankan prinsip man jadda wajada. Yang bersungguh-sungguh akan terwujud keinginannya.”Alhamdulillah. Kami bisa berprestasi di PSP Jatim Kali ini,” tandasnya. (bee/aan)

Daftar Tokoh dan Pemeran:

1. Jaka Berek : Dhafa Dhani Andrian
2. Dewi Sangkrah : Renova Kalmah
3. Adipati Jayengrana : Ahmad Farrel Haqqi Annazili
4. Sawungrana : Muhammad Najih Al Zharfan
5. Sawungsari : Miqdam Hatmadinejad
6. Teman Jaka Berek 1 : Abel Azalea Putri Ramadhani
7. Teman Jaka Berek 2 / Remo : Iqbal Hakiki Nur Hanifah
8. Teman Jaka Berek 3 : Karunia Anandah Putri
9. Teman Jaka Berek 4 : Kevin Maulana Fikri
10. Galing (ayam Jaka Berek) : Raffa Raditya Massi
11. Ken (ayam kadipaten) : Raffi Raditya Massi
12. Asisten Kadipaten : Muhammad Rifky Nur Haqiqi

 

Pemusik:

1. Kendang : Muhammad Danah Izdihar Javier
2. Saron Demung : Naila Khansa Nadhifah
3. Saron Ricik : Nur Shabicha Fathmawaty
4. Kethuk : Muhammad Najih Al Zharfan
5. Gong/Simbal/Drum : Muhammad Daffa Rizki Ferdiansyah

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *